Senjata Mematikan Pada Perang Dunia I

Senjata Mematikan Pada Perang Dunia I - Pada tahun 1914, terjadi peristiwa perang global yang juga melibatkan seluruh Negara yang berada di Eropa. Penyebab perang ini adalah terbunuhnya putra mahkota Austria Frans Ferinand saat sedang mengunjungi tempat pelatihan perang yang merupakan ulah orang Jerman.

Dalam perang ini ada terdapat 2 blok yaitu blok sentral yang teridiri atas Bulgaria, Turki Utsmani, Austria-Hongaria, dan Jerman. Serta blok sekutu yang terdiri dari Serbia, Rusia, Prancis, Inggris beserta negara persemakmurannya.

Pada saat itu juga bangsa Eropa telah menutup mata saat terjadinya perang. Seperti halnya pada Inggris yang saat itu hanya mengirim pasukan kaveleri berkuda dan senjata bayonet, dan pada perang saat itu juga mereka baru tersadar bahwa teknologi sudah berkembang tepat saat mereka sedang berhadapan dengan senapan mesin, tank, dan pesawat terbang.

Berikut ini kita akan membahas tentang senjata berbahaya pada masa Perang Dunia I

1. Maxim MG 08

 Maxim MG 08
Foto: collections.royalarmouries.org
Gambaran perang dunia pertama yang sangat jelas adalah banyaknya penggunaan senapan mesin dan biasanya senapan mesin yang berasal dari jerman. Pasukan bersenjata Jerman sangat boros dengan menggunakan senapan mesin daipada musuhnya. Hal ini terjadi karena sebagian besar dari mereka bertahan di Barat setelah tahun 1914, mereka biasanya memperbanyak penemapatan senapan mesin dalam posisi bertahan dan kemudian mulai menghancurkan tentara sekutu yang menyerang.

MG 08 adalah senapan mesin standar dari Jerman yang memakai salinan desain Hiram Maxim dari tahun 1894 dan juga merupakan senjata lamban daripada senjata standar modern. Pada perang awal versi senjata ini memiliki berat 60 pund hanya untuk senapannya sendiri, belum lagi ditambahkan aksesoris lainnya yang akan bertambah menjadi sekitar seratus pound. Bahkan membutuhkan tripod untuk dipasangkan dalam perang.

Senjata ini sangat lah handal dan dapat menembakkan 500 peluru per menit yang dapat menghabiskan pasukan sekutu. Senjata ini masih dipakai oleh tentara komunis di China dan Korea Utara sampai 50 tahun kemudian.

2. Tank Mark V

 Tank Mark V
Setiap senjata memiliki tandingannya sendiri, sama halnya dengan senapan mesin yang memiliki kelemahan juga khususnya Tank. Senapan mesin mungkin dapat bertahan selama berminggu-minggu dalam melawan artileri besar, terkecuali saat menghadapi tank yang dapat menerobos masuk dengan mudah.

Tank Mark V adalah tank yang dimiliki oleh Ingris dan termasuk tank terberat dengan beratnya sebesar 29-ton. Tank ini sebenarnya memiliki bentuk yang lebar dan panjang yang juga cocok untuk melewati parit daripada tank modern yang sekarang ini.

Tank ini memiliki lapisan baja yang tebal dapat menangkis peluru dan dipersenjatai dengan meriam yang berukuran 57 milimeter atau hanya menggunakan 0,303 kaliber senapan mesin yang dapat menghancurkan tempat diamnya senapan mesin dan juga kotak pil.

Tank ini juga tank pertama yang panas, berisik dan disusah dikemudikan. Pengoperasian tank ini pasti terasa seperti duduk di tengah-tengah mesin uap.

3. Fokker Triplane

Fokker Triplane 
Pesawat ini adalah pesawat ciptaan Fokker-Flugzeugwerke yang dipakai oleh tentara Jerman dalam Perang Dunia I. Diduga dapat mencapai kecepatan seratus mil per jam yang juga merupakan nilai kecepatan yang cukup mengejutkan bahkan kalau dibandding dengan Cessna 172. Padahal sebenarnya, pesawat ini bukan lah secepat itu. Besawat ini bahkan lebih lambat jika kita bandingkan dengan pesawat dari sekutu seperti Sopwith Triplane dan SPAD VIII.

Tapi karena keunggulannya dalam maneuver yang ekstrim dan juga tingkat kecepatan untuk naik di tangan seorang yang dikenal dengan nama Red Baron dan Flying Circus. Fokker Triplane ini dapa meneror seluruh langit di atas Western Front pada tahun 1917 hingga pada tahun 1918.

4. U boat Tipe 93

 U boat Tipe 93
Foto: uboat.net
U buat adalah salah satu kendaraan spektakuler lainnya dalam masa perang dunia pertama yang dapat kita tandai dengan munculnya perang bawah laut serta dengan perang udara dan juga mekanik. Salah satu senjata yang mematikan dari desain Jerman adalah sebuah kapal yang bernama Type 93 U-boat.

Kapal-kapal ini tidak begitu cepat, U-boat berlayar di bawah permukaan air dengan kecepatan yang hanya mencapai 9 kno dan 17 knot jika berada di permukaan air. Daya tahan setiap harinya sangat lah terbatas. Pada awal masa Perang Dunia I, U-boat hanya dapat bertahan di bawah air sekitar satu jam tepat sebelum habis baterai.

Namun, kapal ini ternyata dimuati senjata yang kuat diantaranya adalah senapan dek-88 atau 105 militer dan enam tabung torpedo yang membutuhkan 16 amunisi, 24 jenis senjata 93s yang juga dibangun oleh orang Jerman dan sudah dapat menenggelamkan total 411.000 ton pengiriman yang berasal dari kelompok sekutu.

5. Big Bertha dan Paris Gun

 Big Bertha
Foto: militree.weebly.com
Big Bertha adalah salah satu senjata howitzer raksasa Jerman yang menggunakan caliber sebesar 16,5 inci dan lebih lebar dari senjata perang pada saat itu. Senjata ini dapat  melemparkan satu ton shell sejauh delapan mil, Big Bertha ini juga sudah menghancurkan benteng Belgia pada tahun 1914 yang membantu tentara Jerman untuk menerobos masuk ke Belgia dan hampir merebut Paris.

Paris Gun juga mencatat sejarah dengan melempar karang ke stratosfer. Berbeda dengan big Bertha, Paris Gun ini memiliki bentuk yang panjang yang panjang dan sempit. Dapat mmenembakkan shell 200-poun sejauh 81 mil yang juga membantu Jerman dalam melakukan serangan jarak jauh dari pengeboman kota Paris.
Paris Gun
Foto: reddit.com
Seperti senjata yang menakjubkan lainnya, senjata-senjata ini pasti membutuhkan biaya yang banyak dan rumit sekali dibangun, tetapi semua usaha mereka. Akhirnya senjata-senjata ini pun dapat menghancurkan benteng pertahanan atau pengeoman kota yang jauhnya hampir seratus mil.

Terima kasih bagi yang sudah membaca senjata mematikan dalam masa Perang Dunia I. Mohon maaf bila ada kesalahan.

Comments