5 Mobil Tertua Di Dunia

5 Mobil Tertua Di Dunia - Mungkin bagi beberapa orang jika dibilang mobil tua yang terpikir itu adalah mobil Ford Model T dan mungkin ada juga beberapa yang pernah membaca dan memang sudah tau bahwa mobil tersebut bukan mobil yang paling tua, masih ada banyak mobil lagi yag lebih tua dari itu. Dulunya mobil-mobil tidaj menggunakan bahan bakar bensin, mobil-mobil tertua ini malah memakai tenaga uap.

Karena itu mobil Fordd Model F berada pada posisi yang paling bawah. Mobil bertenaga bensin tertua belum ada hingga sampai htahun 1885 di mana pada saat itu Karl Benz telah memproduksi Benz Patent-Motorwagen. Di sini kita akan membahas mobil-mobil tertua.

1. Cugnot Fardier


Cugnot Fardier
Foto: hum3d.com
Cugnot Fardier merupakan kendaaraan ‘Self-Propelled’ yang pertama digunakan untuk mengangkut manusia. Mobil pertama di dunia ini merupakan sebuah hasil inovasi dari insinyur di Angkatan Darat Prancis yang bernama Nicolah Joseph Cugnot. Tentang Cugnot sebagai ‘self-propelled’ pertama di dunia adalah sesuatu yang masih di ragukan.

Karena pada tahun 1672, seseorang yang bernama Ferninand Verbiest telah lebih dahulu memperkenalkan desain mobil menggunakan tenaga uap, tetapi karena dimensinya masih terlalu kecil dan tidak memiliki ruang yang cukup untuk si pengendara dan tampak mustahil untuk dibangun. Tenaga uap telah digunakan sejak awal 1700 yang biasanya digunakan untuk mesin-mesin pompa air dari tambang atau mengangkat alat berat.

Pada waktu itu, masih belum diketahui bagaimana cara untuk mengkonversikan gerak maju bolak-balik ke gerakan putar untuk memutar roda. Pada akhirnya, Cugnot telah berhasi memecahkan masalah ini dan pada tahun 1769 membangun kendaraan yang masih prototype dengan ukuran penuh berdasarkna model yag sudah pernah ia buat sebelumnya 6 tahun sebelumnya.

Steam Dray besutannya memiliki 3 buah roda menggunakan pelak besi, ada dua roda yang berada di bagian belakang dan satu roda di depan, Kendaraan ini dirancang untuk mengangkut artileri ini dipasangkan boiler depan dan mesin dua silinder yang ditempatkan di atas roda bagian depan. Jadi pada saat dioperasikan, mobil ini harus berhenti setiap 10-12 menit dilakukan supaya membangun kembali tekanan uap agar kendaraan dapat kembali melanjutkan perjalanan.

Kendaraan ini juga memiliki top speed yang hanya mencapai 1 mph atau setara dengan 1,6 km/j. Saat ini Cugnot Fardier menjadi salah satu koleksi yang berada di museum Musee des Arts et Metiers yang terletak di kota Paris, Prancis.

2. Hancock Omnibus

Hancock Omnibus
Foto: www.flickr.com
Hancock Omnibus adalah kendaraan seperti bus yang dibangun oleh seorang penemu asal Inggris yang ada sejak masa Victoria. Ia biasa dikenal dengan kedaraannya yang menggunakan tenaga uap. Kendaraan ini juga dapat dianggap sebagai kendaraan menggunakan tenaga uap pertama yang sukses komersial di dunia.

Bisa juga dikatakan si Cugnot ini adalah penemu tersukses di dunia militer dan Hancock Omnibus adalah kendaraan penumpang yang paling sukses di sunia pada masa itu.

Kendaraan ini telah sukses mengangkut dan mengantar penumpag antara daerah London dan Paddington. Sudah ada Sembilan buah gerbong yang ia bangun dapat mengangkut sebanyak 4.000 penumpang antara tahun 1832 dan 1834.

3. Grenvile Steam Carriage

Grenvile Steam Carriage
Foto: commons.wikimedia.org
Pada tahun 1875, seseorang bernama Robert Neville Grenville yang berasal dari Butleigh, Glastonbury, Somerset, Inggris mulai merancang kereta uap buatannya. Mayoritas mobil pada masa itu adalah dibuat secara ‘handmade’ yang berarti dibuat menggunakan tangan dan biaya operasional yang dipakai juga termasuk mahal.

Kereta Grenville juga terlihat lebih mirip seperti lokomotif daripada sebuah mobil dan kendaraan ini juga memiliki kapasitas penumpang yang terbatas yaitu hanya dapat memuat tujuh orang penumpang. Selain itu harus ada juga satu orang penumpang yang diberi tugas untuk ‘memberi makan’ mesin uap yang harus dilakukan untuk mempertahankan kecepatan.

4. La Marquise

La Marquise
Foto: www.theglobeandmail.com
Kendaraan La Marquise ini adalah salah satu kendaraan yang paling tua di dunia. Kendaraan ini dibangun pada tahun 1884 oleh tiga orang berasal dari Prancis yaitu De Dion, Bouton, dan Trepardoux. Kendaraan tersebut adalah sebuah prototype quadricycle yag diberi nama La Marquise yang juga merupakan nama ibunda dari De Dion.

Kendaraan ini memakai bahan bakar batu bara, kayu dan potongan kertas, kedaraan ini juga membutuhkan waktu selama 30 hingga 40 menit untuk membangun uap yang cukup agar kendaraan dapat beroperasi. Top speed kendaraan ini mencapai 38 mph atau setara dengan 61 km/j.

Sebagai mobil tertua, kendaraan La Marquise ini berhak untuk mengenakan nomo balap “0” dalam event balapan London to Brighton Veteran Car Run tahun 1996. Kendaraan ini juga berhasil terjual di saerah Pebble Beach Concours d’Elegance pada tahun 1007 dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar $ 3,2 juta atau setara dengan Rp 46,9 miliar.

Setelah itu kendaraan ini dijual kembali pada tahun 2011 dengan harga sekitar $ 4,6 juta yang setara dengan Rp 61,3 miliar, yang merupakan sebuah rekor untuk mobil ger=nerasi pertama di dunia.

5. Benz Patent-Motorwagen 

Benz Patent-Motorwagen
Foto: hum3d.com
Dalam sejarah dan buku ensiklopedia yang sudah saya baca yag menceritakan tentang kesuksesan Karl Benz dalam membuat mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia. Awalnya, rangka kendaraan ini sudah dibangun sejak tahun 1885 tetapi tidak dikembangkan secara sepurna sampai pada tahun 1886.

Dalam mobil ini dipasangkan dengan mesin sentrifugal yang memiliki kapasita 954 cc, silinder tunggall yang dapat menyalurkan tenaga sebesar dua per tiga tenaga kuda. Awalnya pasokan bahan bakar ke mesin ini dilakukan melalui sistem penguapan.

Namun kemudian Benz menambahkan sebuah kerburator pada model yang selanjutnya ia bangun. Dia juga melangkah lebih maju lagi dengan menambahkan rem kulit pada tahun 1887.

Terima kasih bagi yang sudah membaca 5 mobil tertua di dunia. Mohon maaf bila ada kesalahan.





Comments