Fakta Unik Angsa Yang Menakjubkan

Fakta Unik Angsa Yang Menakjubkan - Angsa adalah hewan yang berasal dari family Anatidae yang memiliki anggota terbanyak. Angsa juga dipanggil dengan Cygnus. Biasanya kita akan melihat seekor angsa yang dilambangkan sebagai simbol kesetiaan dan kesucian.
Swimming Swan
Akan sering dijumpai saat ada pasangan yang akan menikah, selalu melambangkan bentuk hati yang merupakan bentuk yang dibuat sepasang angsa saat bertemu dengan pasangannya. Terdapat tiga jenis angsa diantaranya adalah:

a. Cygnus Olor

 Mute Swan
Juga dipanggil sebagai angsa putih adalah hewan yang paling popular di seluruh dunia. Biasa nya dikenal dengan bulunya yang putih berkilau dan juga sering digunakan sebagai lambing kesucian atau kesetiaan. Jenis ini memiliki leher yang cukup panjang dan biasa ditemukan di daerah Eurasia, akan tetapi migrasi yang sering dilakukan membuat pupolasi nya semakin menipis dan termasuk ke dalam spesies yang terlindungi.

b. Angsa Terompet

Trumpeter Swan
Jenis ini memiliki panjang leher sekitar 60 inci. Ada juga angsa hitam yang memiliki penampilan yang hampir sama, hanya saja seluruh bulu angsa hitam berwarna hitam legam. Ada hewan yang walaupun bulunya berwarna putih, memiliki kaki berwarna kemerahan.

c. Angsa Whooper

Whooper Swan
Jenis yang satu ini diketahui lebih berat disbanding jenis yang lainnya yaitu sekitar 50 pound. Angsa ini memiliki suara yag hampir sama dengan suara angsa terompet dan dikenal lebih banyak menghabiskan waktu di perairan, terlebihnya saat sedang dalam masa pertumbuhan.

Selanjutnya kita akan membahas apa saja fakta unik yang ada pada angsa yang dikenal setia ini.

1. Hewan Yang Setia

 Pasangan Angsa
Ini adalah salah satu fakta angsa, bukan hanya sekedar kata. Angsa memilki sifat monogamus, yaitu hanya memiliki 1 pasangan untuk seumur hidup. Seekor angsa jantan akan bersama seekor angsa betina dalam waktu yang lama yaitu bersama sampai mati.

Kasus “penceraian” akan terjadi hanya pada saat proses bersarang yang dilakukan mengalami kegagalan. Hewan ini dapat dikatakan setia saat menunggu temannya yang sedang bermigrasi, terutama jika ada salah satu anggotanya yang jatuh dari formasi.

Dua angsa akan turun dan memastikan angsa yang jatuh tersebut sudah sembuh atau sudah tidak bernyawa lagi. Biasanya jika seekor angsa mendapatkan pasangan mereka akan bersama sampai salah satu dari mereka mati, banyak yang mengatakan jika salah satu dari pasangan tersebut mati. Maka pasangan yang masih hidup juga akan mati karena patah hati, namun ada juga beberapa yang akan mencari pasangan lainnya.

2. Hewan Homoioterm

Angsa
Hewan ini termasuk hewan homoioterm, yang berarti suhu tubuhnya tidak terpengaruh dengan mudah oleh perubahan suhu yang terjadi di lingkungan sekitar. Hewan ini juga dapat bertahan cukup lama jika berada di habitat yang baru

3. Tidak Termasuk Hewan Dimorfisme

Hewan dimorfisme adalah hewan yang berkelamin ganda, walaupun bentuk dan warna yang jantan dan betina mirip. Biasanya yang diketahui, jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada betina, begitu pula dengan berat tubuhnya.

4. Diketahiu Merupakan Hewan Herbivora

Dari yang dapat kita lihat bahwa ansa memiliki bentuk paruh yang tumpul pada bagian ujungnya yang dapat langsung kita tandai sebagai hewan herbivora. Angsa biasa memakan rumput laut, rumput, atau ganggang. Namun, ketika mereka berada di atas permukaan air, mereka akan memakan zooplankton ataupun  ikan-ikan kecil.

5. Terbang Membentuk Formasi “V”

Formasi terbang angsa
Jika kalian perhatikan beberapa ekor ag sa yang terbang di atas langit, kalian pasti akan melihat mereka terbang secara berkelompok membentuk formasi V. Tujuannya adalah supaya semua anggota dalam kawanan tersebut terlindungi.

Biasanya, kumpulan angsa akan membentuk formasi huruf V pada saat pemimpin kawanan sudah lelah, pemimpin tersebut akan melakukan gerakan maneuver terbang ke belakang dan digantikan oleh anggota lainnya yang masih sanggup.

Angsa yang berada di bagian belakan akan mengeluarkan suaranya yang khas sesuai dengan jenisnya, yang bertujuan untuk member semangat kepada pemimpinnya yang berada di depan.

6. Termasuk Hewan Bersayap Besar

Hewan satu ini ternyata memiliki ukuran sayap yang cukup besat dan mempun membentangkan kedua sayapnya dengan luar.

Bentangan sayap seekor angsa diperlukan untuk memudahkan pertahanan angsa saat terbang nantinya, supaya tidak mudah terluka atau terhempas oleh tekanan angin yang terlalu kencang pada saat berada di atas langit.


7. Sering Melakukan Migrasi

Jika sedang berada di sebuah area, hewan ini akan menetap sampai musim gugur tiba dan kemudia akan terbang ke area yang lebih hangat untuk bertahan hidup. Hewan ini biasanya akan terbang secara berkelompok menuju kea rah selatan bersama anggota kelompoknya yang lain.

8. Selalu Terbang Secara Berkelompok

Hewan angsa tidak termasuk hewan yang dapat terbang ataupun bermigrasi dengan sendiri. Hal ini dikarenakan dalam setiap kelompok akan ada yang namanya pemimpin yang akan menjadi navigator dalam bermigrasi.

Jika memang ada seekor angsa yang tertinggal atau terpisah dari kawanannya, maka kemungkinan besar angsa tersebut tidak akan hidup lebiih lama dari biasanya dan akan mati. Jadi bisa diperhatikan bahwa seekor angsa akan membutuhkan pemimpin agar menuju kea rah yang benar.

Terima kasih bagi yang sudah membaca fakta menarik dari angsa yang menakjubkan. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan.

Comments