Pesawat Mematikan Milik Rusia

Pesawat Mematikan Milik Rusia - Rusia memang terkenal dengan kekuatan militer dan persenjataan mereka. Selain dari persenjataan mereka Rusia juga mulai terkenal dengan rivalitas mereka antara Negara Amerika dan juga Negara bagian Eropa. 

Rivalitas antara Rusia dan Amerika sudah dimulai sejak sebelum Perang Dingin. Perang Dingni adalah perang yang dimulai antara dua Negara superpower yaitu Amerika dan juga Rusia setelah selesainya Perang Dunia II. 

Mereka sudah bersaing tepat sebelum Perang Dingin sedangkan Perang Dingin dimulai sejak tahun 1947 hingga pada tahun 1991. Belakangan ini mereka sedang diam-diam dan tidak menunjukkan banyak persaingan sama sekali. 

Namun, Negara tersebut masih memiliki rivalitas antar sesama dan diam-diam mengembangkan persenjataan mereka menjadi lebih kuat. 

Dulunya Amerika adalah Negara yang unggul dalam Perang Dingin dulu, namun sekarang ini ada kemungkinan besar RUsia akan menang karena selain pasukan daratan mereka yang semakin kuat juga, mereka pun memiliki kekuatan pasukan udara yang menakjubkan juga. Menurut orang-orang, memiliki pasukan pesawat yang banyak menunjukkan  bahwa Negara tersebut memiliki kekuatan yang besar. 

Beberapa diantaranya adalah pesawat-pesawat Rusia yang mematikan:

1. Sukhoi Su-27

 Sukhoi Su-27
Pesawat Sukhoi model SU-27 adalah saingan terbesar pesawat tempur Amerika yaitu F-16. Pesawat Sukhoi SU-27 memang sengaja diciptakan untuk dapat menyaingi pesawat F-16 milik Amerika.

Salah satu contoh yang utama adalah dari segi kecepatan, misalnya SU-27 sudah dapat kecepatan yang mencapai 2.525 km/j, sedangkan pesawat milik Amerika tersebuta hanya memiliki kecepatan yang mencapai 2.200 km/j. 

Kalau tentang persejataan, pesawat yang dimiliki oleh Rusia ini juga sudah mampu menggandeng beberapa misil. Salah satu contoh jenis misil tersebut adalah tipe R-27R1 yang juga dikenal memiliki kekuatan ledak yang cukup besar. Dengan memilihat kemampan pesawat ini yang dapat mengalahkan F-16 milik Amerika, pesawat ini pun sudah menerima banyak pesanan dari beberapa Negara. 

Diantaranya adalah India dan Tiongkook yang kemudian mengembangkan lagi pesawat ini dengan memakai SU-27 sebagai contohnya. Begitu juga dengan Negara lainnya seperti Ethiopia, Angola, Indonesia, dan  Ukraina.

Su-27 memasuki pasukan angkatan udara Uni Soviet pada tahun 1985. Peran utama pesawat saat itu adalah sebagai pertahanan udara jarak jauh melawan pembom Amerika SAC B-1B dan BB-52G/H, dan juga untuk melidungi pantai Soviet dari kapal induk dan pesawat tempur jarak jauh untuk pembom berat Soviet seperti TU-95 “Bear”, TU-22M “Backfire”, dan TU-160 “Blackjack”. Pesawat Sukhoi jenis ini mulai diproduksi dari tahun 1982 hingga sekarang. 

2. MiG-29

 MiG-29
Uni Soviet juga membangun pesawat tempur lainnya, diantaranya adalah pesawat yang satu ini. Pesawat ini dinamakan MiG-29. 

Pesawat ini memang tidak memiliki kemampuan yang begitu hebat jika dibandingkan dengan SU-27 tadi, terutama tentang tingkat kecepatannya, namun pesawat yang diberikan julukan Fulcrum oleh negara barat ini memiliki kemampuan maneuver yang sangat baik. Pada saat di udara pesawat ini malah lebih lincah daripada F-16 ataupun dengan SU-27 tadi.

Pesawat ini juga pernah memiliki peran sebagai pesawat tempur superior saat tahun 1970-an, pesawat MiG-29 bersama dengan SU-27 sama-sama diciptakan untuk mengalahkan pesawat tempur Amerika seperti F-15 Eagle dan juga F-16 Fighting Falcon. 

MiG-29 ini mulai memasuki pasukan angkatan udara Uni Soviet pada tahun 1982. Banyak pesawat model MiG-29 dirancang untuk memiliki peran ganda dalam beberapa jenis operasi yang dilakukan, pesawat-pesawat ini juga sudah diproduksi dengan beberapa variasi. 

MiG-29 ini diproduksi pertama kali pada tahun 1981 dan diperkenalkan pertama kali pada bulan Juli 1982. Sampai sekarang pun pesawat ini masih banyak diproduksi dan sudah ada sekitar 30 negara yang mengekspoor pesawat jenis ini, India lah salah satu eksportir terbesar untuk pesawat jenis ini.

3. Sukhoi SU-35

Sukhoi SU-35
SU-35 ini dapat dibilang merupakan pesawat perkembangan dari SU-27. Pesawat ini juga dapat disebut sebagai pesawat tempur kreasi pertama Rusia ketika sudah tidak bernama Uni Soviet lagi. 

Pesawat ini adalah jenis perkembangan pesawat SU-27 yang sebelumnya sudah temasuk sebagi pesawat yang cepat dan dapat mengakahkan pesawat tempur F-16 milik Amerika, maka terdapat bayak hal yang tidak dapat ditemukan dalam pesawat SU-27. 

Misalnya pada deretan peralatan canggih yang diaplikasikan dalam pesawat ini diantaranya adalah radar cangih yang dapat membuat pesawat ini juga sebagai pesawat mata-mata dari udara.

Untuk persenjataannya, pesawat ini dapat membawa sebuah cannon berkuran 1 x 30 dengan 150 peluru, pada 2 x rel ujung sayap yang membawa peluru kendali udara R-73 atau poda ECM, beberapa homing-missile dan juga terdapat beberapa jenis missile tak terpandu lainnya. Misalnya K-77ME yang dapat digunakan untuk menghancurkan pbyek udara dan KH-59 untuk pbyek yang berada di darat. 

Dari laman Wikipedia hanya ada 3 negara yang memiliki pesawat ini, diantaranya adalah Rusia, Venezuela (24), dan Indonesia yang memesan 11 pesawat tempur.

4. Sukhoi T-50

 Sukhoi T-50
Pasukan udara Amerika juga memiliki pesawat seri F. Saat ini Amerika memiliki pesawat seri F yang dinamakan F-35 yang merupakan pesawat berjenis stealth dimana artinya pesawat ini dirancang khusus untuk penyusupan dan melakukan penyerangan secara tiba-tiba. Senjata yang diboyongi adalah beberapa senjata cannon dan juga misil dan homing-missile. 

Mendengar berita tersebut Rusia menemukan hal ini sebagai tantangan dan menanggapi hal tersebut dengan serius. Akhirnya mereka pun menciptakan sebuah pesawat baru bernama T-50.

Pesawat ini lebih handal daripada SU-35 yang masih bisa dapat dibilang pesawat baru. Pesawat ini juga memiliki kemampuan untuk menacapai kecepatan 2.600 km/j. Kecepatan iniakan menjadi semakin cepat ketika diimbangi dengan kemampuan menuver yang baik. 

Tidak hanya itu, pesawat jenis T-50 ini juga memiliki sekitar 50 senjata dengan alat pengancur yang juga mengerikan. Salah satu contohnya adalah Missile R77, 1.500 kg bom darat dan juga senapan mesin yang mampu menembakkan sekitar 1.800 peluru per detik. Sejauh yang diketahui hanya Rusia yang menggunakan T-50 .

5. Tupolev TU-160

 Tupolev TU-160
Foto: www.flying-tigers.co.uk
Tidak semuanya dalam peperangan itu yang dipentingkan hanya pesawat jet tempurnya saja, pastinya akan memerlukan pesawat bomber yang dapat mengangkuta bom dalam julah yang banyak. 

Walaupun pesawat ini bergerak lambat tetapi bayangin berapa banyak yang dapat dihancurkan pesawat ini dengan bom-bom nya yang banyak itu. Kita semua tau Amerika memiliki beberapa jenis pesawat ini, namun begitu juga untuk Rusia yang terkenal dengan jet nya ini. 

Pesawat bomber milik Rusia yang diberi nama Tupolev T-160 ini memiliki kemampuan yang sangat menakjubkan. Pesawat ini dapat membawa banyak sekali amunisi mulai dari misil sampai dengan nuklie. 

Yang paling menarik perhatian adalah kecepatan pesawat TU-160 ini yang lebih cepat dibandingkan dengan cepat pesawat bomber biasanya. TU-160 sendiri sudah beroperasi cukup lama yaitu sejak parade yang terjadi pada tahun 1989. 

Rusia sudah merencanakan untuk membuat model yang baru dari pesawat bember ini yang akan mereka namakan TU-160M2 diperkirakan pada tahun 2023. Pesawat bomber TU-160 sudah diperasikan di Negara Rusia dan juga Ukraina. 

Terima kasih bagi yang sudah membaca pesawat mematikan milik Rusia. Mohon maaf bila ada kesalahan. 

Comments