Jenis-Jenis Sticker

Jenis-Jenis Sticker - Kalian semua pasti sudah tau apa itu sticker. Sticker adalah sebuah tampilan yang berupa gambar atau juga tulisan-tulisan yang di dalamnya terdapat tuturan yang ditujukan kepada pembacanya. Kita dapat melihat sticker dimana saja karena sticker juga dapat ditempel dimana saja, maupun itu di laptop, meja, lemari, alat-alat rumah tangga, bahkan mobil dan speda motor juga. Sticker memiliki fungsi untuk memberikan informasi melalui tuturan kata yang ada di dalamnya. Sticker juga salah satu media komunikasi yang masih banyak digunakan dalam berkomunikasi secara pasif hingga sekarang.

Sekarang ini sudah makin banyak tujuan untuk  menggunakan sticker, ada yang sengaja ditambakna untuk memperindah, ada juga untuk media promosi, member petunjuk, dan banyak juga mereka yang menggunakan sticker untuk menunjukkan  identitas. Dalam masyarakat kalian akan menemukan banyak sticker yang juga memiliki tujuan tertentu. Sebagian sticker akan digunakan dari perusahaan sebagai label atau untk menandakan suatu barang maupun produk.

Perusahaan-perusahaan melakukan hal tersebut agar produk atau barang mereka akan tampak berbeda dari barang yang di produksi oleh perusahaan lainnya. Selain itu juga mereka memakai sticker tersebut sebagai tanda bahwa barang tersebut menunjukkan itu asli buatan mereka dan bukan bajakan, jadi sticker ini bisa menjadi penanda bagi kita untuk menunjukkan mana yang asli dan yang palsu. Dengan begini, sticker memiliki tujuan untuk menjaga keaslian dan kualitas barang atau produk yang sedang mereka pasarkan. Biasa sticker yang mereka gunakan ini memiliki spesifikasi tertentu sehingga sulit untuk ditiru.

Ada juga sticker yang bersifat promosi yang biasa kalian lihat yang versi kecilnya dimana-manadan untuk yang berukuran sedang pastinya memerlukan tempat yang agak luas, yang ini dapat kalian lihat biasanya ditepelkan di sekitaran dinding, tiang listrik, dsb.

Ada juga sicker promosi yang berukuran besar, ini adalah sticker yang dapat kalian lihat yang sering ditempelkan di seluruh bagian mobil atau biasanya hanya kesuluryhan kaca bagian belakang mobil. Dan yang untuk menunjukkan beberapa slogan dan logo dari komunitas yang diikuti yang memiliki bentuk yang bervariasi agar tampak unik dan berbeda dari yang lainnya.

Pertama kali sticker digunakan adalah pada zaman mesir kuno untuk mengiklankan harga produk mereka di pasaran yang hanya mengunakan sepotong kertas sederhana dan menempel kertas tersebut pada dinding pasar. Selama abad ke-18 saingan yang terjadi pada pasaran sangatlah tinggi yang mendorong penjual untuk mulai menggunakan kertas warna-warni yang kemudian disisipkan permen karet ke bagian belakang kertas tersebut dan kemudian membiarkannya kering.

Karet perekat pertama kali ditemukan oleh Sir Rowland Hill yag merupakan seroang penemu berasal dari Inggris pada tahun 1839 yang dapat kita temukan hingga saat ini yaitu prangko. Salah satu versi modern dari sticker diciptakan oleh R.Staton Avery pada tahun 1935 yang menciptakan sebuah mesin untuk memproduksi label perekat pada sticker.

Dari perkembangan zaman juga sticker telah muncul banyak jenisnya, beberapa akan kita bahas dalam jenis-jenis sticker berdasarkan bahannya.


1. Vinyl Sticker

Image result for vinyl sticker
Foto: supdec.com
Sticker jenis ini adalah sticker yang menggunakan kertas yang terbuat dari bahan vinyl atau sebuah plastic lentur. Sticker vinyl ini memiliki daya tahan yang lumayan lama dan cukup bagus, terutama ketika berada di dalam cuaca yang kurang cocok dan juga tahan air. Namun, sticker yang menggunakan jenis ini tidak dapat kita print menggunakan printer ink jet yang biasanya digunakan, namun sticker jenis ini dapat diprint menggunakan print laserjet. Untuk jenis kertas yang digunakan pada sticker ini memiliki permukaan yang glossy (halus,licin) dan cocok yang biasanya diaplikasikan untuk sticker outdoor.

2. Sticker Bontaks

Image result for bontax sticker
Foto: www.tokopedia.com
Sticker jenis ini adalha sticker yang menggunakan kertas dengan tekstur seperti kertas biasa namun memiliki daya rekat yang kuat. Karena daya rekat dari sticker ini yang kuat maka kertas jenis ini biasanya digunakan untuk sticker pada berbagai macam kemasan bagi suatu produk. Jenis kertas sticker yang satu ini di print menggunakan printer berjenis inkjet dan dipotong seukuran dengan kertas HVS terlebih dahulu. Untuk menambah daya tahan dari sticker jenis ini dapat ikta tambahkan dengan proses laminating.

3. Sticker Chrome

Image result for chrome sticker
Foto: www.diginate.com
Sticker chrome adalah jenis kerta yang memiliki lapisan glitter atau yang dapat kita katakana sebgai lapisan permukaan kertas yang tampak berkilau dan khusus untuk kertas jenis ini, tidak dapat kita print seperti biasanya. Kertas sticker jenis ini biasa digunakan untuk scorlet sebuah kendaraan agar bila terkena goresan tidak akan langsung terkena ke body kendaraan tersebut. Sticker ini juga dapat disebut sebagai Chrome Decals Vinyl.

4. Sticker HVS

Related image
Foto: souvenir-perusahaan.com
Sesuai dengan namanya, sticker HVS ini adalah jenis kertas sticker yang berukuran sama dengan kertas HVS pada umumnya dan pastinya dapat selalu kalian temukan di toko-toko buku. Untuk kertas sticker jenis ini dapat kalian print menggunakan printer yang biasa, namun sticker jenis ini memiliki daya tahan yang terbatas dan juga lem yang digunakan pun  murah lepas. Karena memag asalnya sticker ini memiliki daya rekat yang kurang, biasanya digunakan hanya untuk mencetak sticker souvenir saja.

5. Sticker Chromo 3D

Image result for chrome sticker for car
Foto: www.dhgate.com
Sticker jenis ini merupakan sebuah sticker yang terbuat dari bahan kertas yang licin yang memang bagus untuk dicetak separasi juga memiliki daya lengket yang bagus bisa digunakan untuk label botol dan promosi. Namun sticker jenis ini jika terkena hujan akan cepat luntur, sticker jenis ini memang cocok untuk digunakan buat promosi, tempelan di produk, sticker snack, dll.

6. Cutting Sticker

Image result for cutting sticker for rally cars
Foto: twitter.com
Sticker jenis ini adalah sebuah jenis sticker yang memiliki bahan dasarnya plastic bukan kertas sperti sticker lainnya. Berbeda dengan sticker chromo dan cutting sticker sendiri hampir sama dengan ticker vinyl. Sticker jenis ini juga memiliki banya keunggulan salah satunya adalah daya rekatnya yang kuat dan dapat bertahan lama jika dibandingkan denan sticker pada umumnya yang hanya dapat bertahan satu tahun, sedangkan sticker ini memiliki daya tahan sekitar 5 tahun dan warnanya juga dapat tahan lama. Bahan daar dari sticker ini juga yang seperti Oracal itu memiliki ketahanan untuk berada di outdoor.

Demikian terima kasih bagi yang sudah membaca jenis-jenis sticker ini. Mohon maaf jika ada kesalahan.

Comments