Sejarah Pagani Yang Bertujuan Untuk Menjadi Mobil Tercantik

Sejarah Pagani Yang Bertujuan Untuk Menjadi Mobil Tercantik - Beberapa dari kalian mungkin belum ada yang mengetahui Pagani itu apa. Pagani sebenarnya adalah salah satu merek mobil yang sangat dikenal oleh para pecinta mobil lainnya, Pagani biasaa dikenal dengan keindahan model body mobil yang di desain. Series tipe mobil yang terkenal pada saat itu adalah Pagani Zonda. Tetapi produksi Zonda sudah dihentikan dan memutuskan untuk melanjutkan Huayra.

Produksi Zonda dimulai sejak tahun 1999 sampai dengan tahun 2017.  Pada tanggal 19 Juni 2009, sudah tercatat ada 135 Zonda yang dibangun pada saat itu. Asala nama Zonda sebenarnya dinamakan Fangio F1 setelah pemenang balap F1 dengan nama Juan Manuel Fangio, Tetapi karena kematiannya pada tahun 1995, berganti nama menjadi Zonda.
Pagani Zonda Cinque
Foto: www.topspeed.com

Sejarah Pagani


Dimulai pada tahun 1991 dalam sebuah perusahaan yang bernama Modena Design, yang ditemukan oleh seorang berasal dari Argentina yang bernama Horacio Pagani, di kota kecil yang berada di San Cesario sul Panaro yang beradala di dalam provinsi Modena, Italia.
Horacio Pagani waktu muda
Foto: www.pagani.com
Modena Design dikenal untuk pembuatan dan penelitian tentang material komposit, khususnya serat karbon. Pelanggan pertama mereka adalah saingan dari Ferari, yaitu Lamborghini yang merupakan tampat kerja Horacio sebelumnya. Sejak tahun 1991 dan 1992, Modena Design mulai berkolaborasi dengan Lamborghini dalam membuat L30,  saat itu prototype ini direncanakan dibuat keseluruhannya menggunakan bahan carbon fiber untuk merayakan ulang tahun ke-30 perusahaan Lamborghini tersebut.
Sketch Lambo L30
Foto: www.pistonheads.com
 Ternyata di hentikan pada tahun 1992 yang dikarenakan Perang yang terjadi 2 tahun sebelumnya membuat sector mobil dalam krisis dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pulih kembali.
Karena keterbelakangan ini, Horacio memutuskan untuk memberikan yang terbaik dan pada tanggal 1993 mulai membangun supercar yang sudah ia impikan sejak kecil. Baginya yang paling penting adalah mobil ini harus ringan dan gesit, Horacio menentukan membatasi 1300 kg atau setara dengan 2866 lb. Dan juga mobil tersebut harus tampak sporty tetapi juga harus mudah dikendali dan setara dengan keterampilan mengemudi seorang pengemudi pemula.

Awalnya project tersebut akan dinamakan Fangio F1 karena persahabatan yang hebat yang dimiliki Horacio selama bertahun-tahun dengan seorang juara pembalap F1 bernama Juan Manuel Fangio, yang sudah Horacio kenal sejak ia kecil di Argentina, dan merupakan seorang referensi bagi Horacio, tetapi bertentangan dengan kematian Fangio pada tahun 1995, Horacio memutuskan untuk mengganti nama kreasinya tersebut menjadi Zonda, seperti angin yang kencang yang tertiup di daerah pegunungan Andes dan juga yang menyebrangi bagian yang besar daerah Amerika Selatan.
Sebelum kematiannya, Fangio memberikan satu hadiah terakhir yitu mengenalkan Horacio kepada Doctor Dieter Zietcshe, yang merupakan ketua enginer di Mercedes yang 2 bulan kemudian menyetujui untuk menyediakan mesin V12 untuk prototypenya.
Juan Manuel Fangio
Foto: www.mirror.co.uk
Sejak awal projectnya, Horacio yakin mobilnya akan dibangun menggunakan carbon fiber sebanyak mungkin karena keringanannya dan juga karena resistance nya yang kuat. Membuat carbon Fiber bahan yang pas untuk kendaraan apapun, sejauh ini biasa digunakan untuk mobil supersport. Beberapa tahun sudah ia habiskan untuk belajar dan menyempurnakan prosess pembuatan menggunakan material ini, khususnya saat waktunya bersama Lamborghini telah membuat Horacio salah satu orang yang paling mahir di dunia dalam masalah ini.

Horacio mulai mengkhayal dan menggambar aspek yang berbeda dari mobil tersebut supaya bekerja dan ide yang sudah ia pikirkan selama bertahun-tahun di mana ia bermimpi untuk membuat supercar terbaik di dunia sebagai titik awal. Salah satu dari sumber inspirasinya adalah Sauber Mercedes C9 yang mendominasi C Group season pada tahun 1988.
Sauber Mercedes C9
Foto: www.snaplap.net
Perkembangan project berlangsung selama 5 tahun di mana Modena Design harus tetap menghadiri project-project yang lain untuk mengatur masukan yang dapat membuat mereka tetap jalan, semenjak Horacio memutuskan untuk memulai dirinya dalam projectnya itu untuk memberikan nama akhirnya sebagai nama merek tanpa investasi dari luar maupun itu dari peribadi ataupun public yang berarti ia dan timnya telah bekerja dengan sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memenuhi dedikasi dan sukses.

Pada musim panas 1993 sewaktu Horacio menyelesaikan sketsa Zonda, langkah selanjutnya adalah membangun model berskala 1:5 untuk dibawa kepada temannya ke terowongan  miliki Gian Paolo Dallara yang juga seorang pembangun mobil balap,  untuk men-tes aerodinamisnya. Hubungan Horacio dan Dallara dimulai sekitar tahun1984 saat Horacio masih bersama Lamborghini dan pergi untuk men-tes aerodinamis dengan model prototype yang sedang ia kembangkan.

 Hasil dari aerodinamis yang diterima dari protype nya sangat memuaskan dan hanya beberapa perubahan yang dilakukan kepada model terakhirnya. Ini membuktikan kemampuan dan kemauan Horacio yang hebat, design dan teknik yang sudah ia rencanakan sebelumnya merupakan hasil yang sempurna tanpa digunakan mesin. Pada masa mudanya Horacio sering membangun beberapa jenis kendaraan dari motor mini sampai ke mobil Formula 2 dan pengalamannya dalam Lamborghini telah memberikannya pemahaman tentang aturan fisik dinamika, grip, pengereman, dll.

Saat model prototype pertama sudah selesai itu lah waktunya bagi mereka untuk membangun Pagani yang pertama. Karena pengalaman Horacio yang sudah ia dapatkan selama belajar bertahun-tahun telah membuatnya bisa untuk membuat mobil yang sangat ringan berbahan carbon fiber menggunakan mesin V12. Horacio mendesain chasis yang kompleks dengan carbin fiber seperti pada mobil F1, menggunakan struktur baja yang akan member tubuh dengan torsi besar yaitu 26.000 Nm/deg, yang jauh lebih tinggi daripada mobil jalan lainnya yang terlihat pada masa itu yaitu McLaren 1992 F1 yang memiliki 13.500 Nm/deg. Itu dipasang pada rangka tubular baja.

Keselamatan adalah hal yang paling utama pada Horacio, jadi ia memutuskan untuk menambahkan roll-bar ke bagian atas chasis. Pada tahun 1999 Zonda diserahkan ke tes kecelakaan agar homologasi dan mendapatkan hasil yang luar biasa yang juga menegaskan visi dan pengetahuannya.

Januari 1999, Zonda C12 sudah selesai dan siap untuk dipresentasikan ke seluruh dunia, kita bisa bilang ini juga waktu Pagani Automobili lahir. Horacio memustuskan untuk menggemparkan seluruh dunia saat acare Geneva Motor Show pada tahun 1999 yang berlokasi di Switzerland. Ibi adalah salah satu tanggal yang paling bermakna bagi dunia otomotif dimana Horacio mengenalkan C12 berwarna perak bersama dengan istrinya yang telah mendukung dia selama pembuatan mobil ini.
Zonda C12, Horacio Pagani bersama istri nya
Foto: papermine.com
Dia memilih warna abu-abu perak yang menjadi warna signatur (khas) merek Pagani sebagai kenangan untuk Mercedes “Silver Arrow” yang dulunya digunakan oleh inspirasinya Fangio yang telah mencapai beberapa kemenangan.

Pada tahun 2010, pagani meluncurkan Huayra, model baru yang pertama setelah Zonda. Huayra seharusnya dapat memajukan perusahaan karena dirancanakan di jual secara mendunia, ini membantu Pagani memasuki pemasaran di Amerika, Cina, Hong Kong, Jepang, Singapura, dll. Sekarang ini Pagani sudah bisa bersaing bersama dengan perusahaan otomotif lain yang terkenal seperti Bugatti, Koenigsegg, dan juga Ferrari untuk pemasaran ini yang sangat meningkatkan peminat Zonda yang sudah di buat dan 100 Huayra yang masih project.

Pada tahun 2004, Horacio memutuskan untuk memulai rally yang di khususkan untuk semua model Pagani, sebuah reuni yang terjadi setiap musim panasdi pabrik Pagani yang berlokasi di Cesario sul Panaro dan yang merupakan sebuah kebetulan bagi semua yag memiliki Pagani seluruh Itali beberapa hari dan menetap di hotel-hotel yang mewah.
Rally khusus Pagani (Pagani Raduno)
Foto: gtspirit.com
Saat ini Pagani telah meluncurkan Huayra yang baru, ia menamakannya Huayra BC. BC merupakan inisial dari Benny Caiola, yang merupakan kostumer pertama Pagani Automobili. Di tahun 2016 Horacio mendedikasikan Huayra BC unntuk Benny, sebuah dedikasi dari hati kepada yang sudah mengagumi dengan passion dan teknologi yang ada dari mobil ini dari awal.
Huayra BC untuk memorial Benny Caiola
Foto: www.caranddriver.com
Demikian itulah cerita dari sejarah pagani yang dulunya bertujuan untuk menjadi mobil tercantik dan lincah. Terima kasih bagi yag sudah membaca, mohon maaf bila ada perkataan yang salah.

Comments