7 Bom Paling Mengerikan Di Dunia

7 Bom Paling Mengerikan Di Dunia - Sebelum membahas tentang bom mematikan kita akan menjelaskan apa itu bom, walupun sebenarnya kalian semua pasti sudah tau apa itu bomb. 

Bomb adalah sebuah senjata ledak yang menggunakan reaksi eksotermik dari bahan-bahan yang mudah meledak untuk menghasilkan pelepasan energi secara mendadak. Detonasi dari sebuah bom dapat menyebabkan kerusakan utama melalui tekanan mekanis yang disalurkan melalui udara dan juga atmosfer, dampak dan penetrasi proyektil yang dikendalikan dengan tekanan, kerusakan yang dapat diakibatkan oleh tekanan, begitu juga dengan efek ledak yang dihasilkan. 

Bom awalnya sudah digunakan sejak abad ke-11 di Song Dynasty China. Bom yang digunakan pada masa itu pun masih sederhana dan tidak secanggih bom yang ada sekarang ini ataupun secanggih bom yang digunakan pada masa Perang Dunia. Awalnya bom yang digunakan hanya terbuat dari cangkang cor besi yang kemudian di isi dengan bubuk mesiu.

Bubuk mesiu juga lebih dikenal dengan nama bubuk hitam yang merupakan bahan peledak campuran dari belerang, arang, dan kalium nitrat, yang dapat membakar secara cepat.

Setelah itu barulah kita akan membahas tentang bom-bom yang paling berbahaya di dunia.

1. Nuklir RT-2UTTKh ‘Topol-M’, Rusia

Nuklir RT-2UTTKh Topol M
Yang pertama adalah bom yang memiliki daya ledak yang besar berasal dari Rusia, ledakan dari bom ini dapat mencapai 800 kiloton TNT. 

Bom ini juga memiliki sebuah kemampuan yang unik yaitu bom ini dapan juga membawa 6 bahan peledak lainnya yang menambah daya ledak dari bom ini. Jikan bom ini sudah diluncurkan, bom ini diduga sangat susah untuk dihancurkan, karena kecepatan bom ini yang diperkirakan dapat mencapai 7,3 kilometer per detik.

Senjata ini sebenarnya sebuah peluru kendali balistik antar benua yang juga dapat menjangkau target yang mencapai jarak tempuh cukup jauh, yaitu sejauh 10,500 km dengan membawa muatan senjata nuklir ini yang beratnya mencapai 1 ton. Topol-M juga merupakan ICBM pertama kali yang dikembangkan Rusia setelah Uni Soviet berpisah.

2. RSM-56 ‘Bulava’ (SLBM), Rusia

Bulava
Foto: www.rbth.com
Bulava adalah jenis senjata nuklir berbasis sistem SLBM (Submarine-Launched Ballistic Missile) yang berarti nuklir ini diluncurkan dari kapal dan bekerja seperti misil, bom ini juga sudah dipersenjatai dengan hulu ledak sebanyak 6 hingga 10 hulu ledak nuklir yang memiliki kuat ledak sebesar 150 kiloton TNT per buahnya. Bom ini dapat mencapai target yang jaark tempuhnya sejauh 8.000 km dan dapat terbang hingga mencapai ketinggian 300 meter, bom ini juga pertama kali resmi digunakan oleh pihak Rusia pada tahun 2013. 
Senjata ini juga terbilang sebagai senjata nukllir termahal di negara tersebut, namanya Bulava adalah nama yang diambil dari bahasa Rusia artinya ‘mace’. Mace sendiri adalah senjata buntu. 


3. LGM-30G ‘Minuteman III’ (ICBM), Amerika

Minuteman III
Foto: www.nps.gov
Semenjak dulu hingga sekarang, Rusia dan Amerika adalah dua negara superpower yang hingga sekarang pun mereka masih ada rasa saingan yang berat diantara dua negara ini. 

Oleh karena itu kedua negara ini pun masing-masing mengembangkan banyak senjata militer mereka menjadi lebih canggih dan juga berguna untuk siap siaga jika terjadinya perang. 

Senjata nuklir ini adalah peluru kendali nukllir Amerika Serikat yang sudah beroperasi sejak tahun 1960 hingga pada tahun 1997, jadi kita bisa mengatakan bahwa nuklir ini memang salah satu nuklir tertua yang sudah Amerika ciptakan. USAF juga sudah berencana untuk melanjutkan menggunakan nuklir ini.

Bom Minuteman III ini masih tergolong sebagai nuklir yang memiliki ledakan yang besar, bom ini juga memiliki hulu ledak berkekuatan 475 kiloton TNT dan mampu meluncur dengan kecepatan yang menceapai 8 kilometer per detik. Bom ini dulunya memang bom yang menakutkan karena kekuatan energy yang dilepaskan dari bom ini sangatlah besar.

4. UGM-133 ‘Trident II’, Amerika Serikat dan Inggris

Trident II
Foto: www.lockheedmartin.com
Bom ini adalah bom hasil dari kerja sama antara negara Amerika Serikat bersama Inggris.  Senjata ini adalah sebuah senjata yang menggunakan pelru kendali/rudal balistik kapal selam yang dibangun oleh Lockheed Martin Space Systems di Sunnyvale, California dan kemudian disebarkan kepada Amerika Serikat dan juga Royal Navies. Bom ini diberi nama UGM-133 'Trident II'

Bom ini sudah dioperasikan sejak tahun1990 namun sampai sekarang senjata ini masih berada dalam perkembangan untuk diperbaiki agar menjadi lebih sempurna. Bom ini memiliki 14 hulu nulir yang juga memiliki kekuatan sebesar 475 kiloton TNT per hulu ledakan.

5 R29RMU2 ‘Layner’ (SLBM), Rusia

R29RMU2 ‘Layner’ (SLBM)
Foto: www.liputan6.com
Ini adalah senjata nuklir yang menggunakan sistem rudal balistik kapal selam (SLBM) berasal dari Rusia yang juga menggunakan bahan bakar cair dikembangkan oleh Biro Sesain Rocket Makeyev dan diproduksi oleh Krasnoyarsk Mesin-Bangunan Pabrik. Senjata ini baru beroperasi secara resmi pada tahun 2014 dan bom ini mampu membawa 12 hulu ledak nuklir dengan kekuatan sebanyak 100 kiloton  per buahnya.

6. Bom Dong-Feng 5 (ICBM), China

Bom Dong-Feng 5
Bom nuklir ini adalah nuklir yang berasal dari negara Cina. Baom yang satu ini memiliki kemampuan untuk menghancurkan  negara yang kecil dengan kejab yang juga dikarenakan oleh ukurang bom ini yang sangat besar. Bom ini hanya memiliki 1 hulu ledak nuklir dengan ukuran yang sangat besar dan memiliki kekuatan yang mencapai 5 megaton TNT dan  mampu meluncur hingga 12.000 kilometer.

7. RDS-220 ‘Tsar Bomba’, Rusia

Tsar Bomba
Foto: www.atomicheritage.org
Bom ini adalah bom yang sangat kuat diciptakan oleh negara Rusia. Karena kekuatan ledak yang diciptakan dari bom ini sangat luar biasa, bom ini pun dilarang untuk digunakan. 

Hanya memerlukan menggunakan bom ini saat hening saja dan tidaka ada cara efisien lagi untuk menghabiskan musuh. Bom ini dikenal sebagai bom termonuklir tiga tahap terkuat yang pernah ada di dunia. 

Diduga bom ini sudah pernah digunakan saat masih bernama Uni Soviet pada tanggal 30 Oktober 1961 di Kepulauan Zelmya yang berada di Laut Arktik, Rusia. Bom ini juga memiliki kekuatan yang besar yaitu mencapai 50 megaton TNT.

Terima kasih banyak bagi yang sudah membaca bom paling mengerikan di dunia. Mohon maaf bila ada kesalahan. 

Comments