Fakta Unik Axolotl

Fakta Unik Axolotl - Axolotl adalah hewan langka sejenis salamander yang Berasal dari Meksiko. Biasa disebut juga dengan “Mexican Salamander”. Panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm.

1. Nama Axolotl

Secara fonetis(bunyi), ”Ax-oh-lot-ul”. Atl berarti “Air” dan Xolotl berarti “Anjing”, dinamakan setelah dewa kaninus suku Aztec Xolotl.

2. Axolotl Liar Jarang Ada Yang Putih

Image result for axolotl black and white
Foto: ua.all.biz
Axolotl putih biasa dapat ditemukan di penangkaran hewan, tetapi biasanya berwarna hijau kecoklatan atau hitam. Yang putih biasanya dikenal “Leucistic” dan keturunan dari mutan jantan yang di ship dari Paris pada tahun 1863. Lalu dikembang menjadi Axolotl putih dengan mata hitam berbeda denan yang albino. Axolotl albino biasanya memiliki mata berwarna merah 

3. Bentuk Insang Yang Unik

Image result for axolotl
Foto: geneticliteracyproject.org
Di sisi kepala Axolotl tampak seperti ada yang tumbuh berbentuk sperti batang. Sebenarnya itu adalah insangnya. Filamen yang menempel pada insang yang panjang tersebut memiliki fungsi untuk menigkatkan area permukaan untuk pertukaran gas.

4. Yang Liar Hanya Dapat Ditemukan Di satu Tempat 

Image result for wild axolotl
Foto: reddit.com
Axolotl liar hanya dapat ditemukan di daerah sungai dan saluran di Xochimilco, Mexico. Axolotl biasanya makan ikan-ikan kecil, cacing, dan yang lainnya yang muat di mulutnya.

5. Terancam Punah

Dikarenakan habitatnya yang rusak, polusi, dan muculnya spesies invasive seperti ikan nila dan ikan mas. Karena itu Axolotl terdorong dekat dan semakin dekat ke kepunahaan.

6. Dapat Beregenerasi 

Axolotl dapat meregenerari seluruh tubuhnya dengan sempurna. Memang akan memakan waktu yang cukup lama tetapi bagian tubuh yang diregenerasi akan tumbuh dengan lengkap dan sempurna tanpa ada tanda ataupun bekas luka yang tertinggal pada bagian tubuh tersebut.

7. Memiliki Latar Belakang Mitologi

Xolotl merupakan dewa berkepala anjing dalam mitologi suku Azteca. Dewa segala sesuatu yang suram, Dewa ini akan membawa jiwa orang yang sudah mati ke dunia bawah. Beberapa percaya Xolotl takut dibunuh dan bertransformasi menjadi Axolotl untuk bersembunyi.

Terima kasih bagi yang sudah membaca fakta unik Axolotl. Mohon maaf bila ada kesalahan. 

Comments